×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 633120

Banyak ragam jenis paham ukiran yang menghiasi furnitur yang dapat kita pandang di dalam sejumlah toko mebel di sudut-sudut kota tempat kita tinggal. Salah satunya didefinisikan sebagai ukiran saat furnitur Jepara yang mortar kisah silsilah asal usulnya bermula daripada perjalanan tampak seorang pengukir dan pelukis asal pemerintahan Majapahit bertato Prabangkara yang terdampar tatkala tanah Jepara karena meninggalkan dari nafsu Raja Brawijaya.

 

Untuk menyamarkan jejaknya, artis ini kemudian mengajarkan sekujur rakyat Jepara seni ukir hewan pahat yang kemahirannya mepet menyamainya. Saking banyaknya pengrajin yang bisa menghasilkan karya ukir yang kualitas seninya menyamai dirinya, sang Baginda yang semula terus menggegas seniman yang dianggap lari karena dituduh telah memandang sang pion tanpa busana secara sinambung, merasa kebingungan dan hasilnya tidak tahu dapat menemukan jejak pengukir itu lagi.

 

Terlepas dari benar tidaknya dongeng rakyat yang langsung berkembang diturunkan temurun ityu, ukiran Jepara yang berseni klasik utama tetaplah menjadi kebanggaan yang patut dilestarikan. Beruntunglah bettor kepada sekitar pengrajin Jepara yang tunak dan terus bertahan menciptakan karya pahat kelas tinggi yang kini telah berlipat dalam rekayasa produk berupa patung, sosok pahat, & Mebel Jepara .

 

Olehkarena itu diceritakan pula bahwa kesinambungan dari skandal tersebut dan kemudian berkembang memerankan sebuah cerita bahwa kesalahpahaman yang tercipta antara Prabangkara dan Baginda Brawijaya itu ternyata berbuah keberkahan terpisah bagi kelompok Jepara yang kebanyakan dalam saat tersebut tinggal di balik Gunung yang kini dinamakan Mulyoharjo. Getah perca warga yang menjadi pengrajin banyak menjadi panggilan dr kerajaan-kerajaan beda untuk mengarang pahatan secara ukiran-ukiran menawan dan meraih bayaran yang sangat semampai atas dampak karyanya.

 

Masa ini, kemahiran pengrajin Jepara pada menghasilkan produk-produk furnitur secara ukiran Jeparanya yang utama dan bernas tinggi, mengarang Jepara sebagai ikon pencetus furnitur Jepara nomor satu pada karya ukir klasik yang melegenda daripada Indonesia. Terlebih kemasyhurannya telah sampai ke negeri orang dan sudah mempunyai penggemarnya tunggal di pendatang negeri. Dan sebagai manusia Indonesia, kita patut berbangga dengan tamadun nusantara yang sangat mampu ini.

Get in touch

Phone number

+94 778 447 354

Email address